DJABARPOS.COM, Garut –Bencana longsor yang terjadi di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Sabtu (25/12), menyebabkan sejumlah rumah warga tertimbun dan jalur menuju Tasikmalaya terputus.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), longsor Talegong Garut, terjadi di sejumlah desa diantaranya di Mekarmulya, Mekarwangi dan Selaawi.

Di Kampung Cikaramat Rt 01 Rw 05 Desa Mekarmulya, 4 unit rumah warga mengalami rusak parah karena tertimbun material longsor, 3 unit bangunan PAUD, posyandu dan bale Rw rusak, serta rumah yang terancam ada 30 rumah. Jumlah kepala keluarga yang terancam 45, dengan jumlah jiwa 179 orang, dan 2 jembatan mengalami rusak berat.

Untuk sementara akses jalan menuju ke lokasi sulit, karena dua jembatan penghubung tidak bisa dilewati karena rusak, hanya jembatan darurat buatan warga yang bisa digunakan.

Di Desa Mekarwangi dua rumah rusak parah, warga dievakuasi ke rumah kerabat. Kejadian serupa terjadi di Desa Selaawi akibat dari intensitas hujan yang tinggi.

Sementara itu di Cilawu bencana pergerakan tanah menimbun bahu jalan utama Garut-Tasikmalaya, sehingga akses lumpuh total dan sama sekali tidak bisa dilalui kendaran. Pengguna jalan harus puter balik ke jalur lain. (Agus Sambas)