DJABARPOS.COM, Kota Bandung – Memperingati Hari Anak Nasional, TK Assalaam Kota Bandung menggelar dongeng virtual, Jumat (23/7/20210). Seluruh siswa TK Assalaam mengikuti kegiatan mendongeng yang dipandu oleh pendongeng yang juga Pendiri Badut Necis, Hendayana. Meski digelar virtual, namun keceriaan anak-anak tetap terlihat saat mendengarkan dongeng tentang protokol kesehatan (prokes) dari layar.

Baca Juga : Mendikbudristek Sampaikan Tiga Hal Pokok Terkait Statuta UI

Menurut Henda, sapaan akrab Hendayana, mendongeng secara virtual tidak menjadi hambatan bagi dirinya untuk bercerita dengan interaktif bersama anak. “Meskipun kalau bisa memilih lebih enak show langsung di depan anak, tapi ini bukanlah halangan,” ungkapnya saat ditemui di TK Assalaam, Jln. Sasak Gantung No. 9, Kota Bandung.

Ia menjelaskan, dongeng menjadi salah satu metode terbaik untuk mengedukasi anak. Selain itu, dongeng juga menjadi sarana praktik baik bagi anak. Misalnya, melalui dongeng yang baru saja ia lakukan.

Baca Juga : Berbekal Rasa Peduli, Alumni SMKN 1 Cimahi Ciptakan Alat Penghasil Oksigen

“Ini lebih kena. Cara menerapkan prokes ke anak pun akan lebih mudah dihafal jika didongengkan, ketimbang cuap-cuap saja,” ujarnya.

Melansir zwitsal.co.id, dongeng juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Antara lain, mengembangkan kecerdasan bahasa, mengasah ketajaman memori, mendukung imajinasi serta mengajarkan kecerdasaan sosial dan emosional.

Lihat Juga : Haturnuhun Kang Emil dan Disdik Jabar, Gaji dan Honor Tambahan Honorer Sudah Masuk Rekening

Di Hari Anak Nasional ini, Henda pun mengajak seluruh siswa agar tetap semangat belajar. “Jangan putus semangat belajar dan menggapai cita-cita. Tetap belajar di rumah dengan menerapkan protokol kesehatan,” ajaknya. (Nino/Dadan )