DJABARPOS.COM, Jakarta – Kementerian Luar Negeri telah menyelenggarakan Perayaan Natal tahun 2022 yang diselenggarakan di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, pada 6 Januari 2023. Perayaan Natal pertama pasca relaksasi pandemi Covid-19 tersebut diikuti oleh keluarga besar Kementerian Luar Negeri, baik yang berada di Pusat maupun Perwakilan di luar negeri.​

“Ketahanan bangsa adalah aspek yang terus menerus menjadi modal utama dalam melewati berbagai tantangan dan krisis.” Demikian ditegaskan Menlu Retno dalam sambutannya.​

Menlu Retno juga mendorong segenap keluarga besar Kementerian Luar Negeri untuk terus menjadi “duta kasih dan perdamaian di lingkungan keluarga, masyarakat dan dunia”. Dua setengah tahun pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi, namun bangsa Indonesia terbukti berhasil melalui masa sulit tersebut karena menjaga semangat untuk terus memperkuat ketahanan bangsa. Keberhasilan Presidensi G20 pada tahun 2022 telah menjadi refleksi nyata ketahanan bangsa Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menjadi modal untuk kerja besar diplomasi Indonesia selanjutnya, khususnya dalam mengemban amanat Keketuaan Indonesia di ASEAN untuk mencapai hasil konkret dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Pesan senada juga disampaikan oleh Pendeta Dr. Henriette Tabita Hutabarat Lebang, M.A., (Ketua Lembaga Alkitab Indonesia) dalam Pesan Natalnya. Ia berharap agar segenap Kementerian Luar Negeri dapat menjadi Duta Kasih dalam pergaulan internasional, “menyingkirkan persaingan antar bangsa yang tidak sehat dan mengembangkan perjanjian internasional yang bermanfaat”. Turut hadir Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta, Romo Albertus Hani Rudi Hartoko, SJ yang mempesembahkan Doa Syafaat.

Selain ibadah bersama, rangkaian Perayaan Natal Kementerian Luar Negeri juga diisi oleh pemberian tanda kasih secara simbolis oleh Menlu Retno kepada perwakilan anggota keluarga dari pegawai Kemlu yang meninggal dalam penugasan. Sebelum pelaksanaan Perayaan Natal ini, keluarga besar Kementerian Luar Negeri juga menyalurkan uluran kasih bagi korban gempa Cianjur melalui LazisNU dan Caritas Indonesia, panti asuhan dan panti wredha Berkat Kasih Immanuel, serta untuk Rumah Belajar Senen.

Turut memeriahkan Perayaan Natal kali ini artis Faye Risakotta dan Paduan Suara CPNS Sekolah Dinas Luar Negeri Angkatan ke-43 yang membawakan lantunan lagu-lagu Natal. (Red)