DJABARPOS.COM, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dwitunggal jawa barat yang tidak terpisahkan. Sebagaimana dikatakan oleh  kang emil sapaan akrab ridwan kamil di acara peresmikan Masjid Al Jabbar Gedebage Kota Bandung Jumat, (30/12/2022)


“Kami berdua ini dwi tunggal, kami dan kang Uu sangat memahami posisi, kesibukan satu sama lain. Kami ini saling mendukung, saling mendoakan, saling memahami,” kata Emil.

Lebih lanjut kang emil menekankan tidak boleh ada seorang pemimpin daerah yang bertengkar satu sama lain.

Ia mencontohkan dirinya dan kang Uu pemimpin daerah yang harmonis. “Ini harus jadi sebuah contoh bahwa kami harmonis dalam kepemimpinan hari ini dan kami harmonis dengan sejarah masa lalu,” ungkap Emil.

Sebagai informasi, capaian Dwitunggal Jawa Barat

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum terlihat dalam masalah pengentasan kemiskinan hingga menurunkan tingkat pengangguran.

Capaian meliputi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jabar yang mencapai 72,45 poin meningkat 0,35 dibanding tahun 2021, penurunan persentase penduduk miskin 7,79 persen, menurun 0,46 persen dari 2021. Selain itu, laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,41 poin, meningkat 0,3 poin dari tahun sebelumnya.

Terkait tingkat pengangguran terbuka sebesar 9,82 poin menurun 0,64 poin dari 2021, dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,74 poin meningkat 0,5 poin dari tahun 2021.

Menurut Kang Emil, hal itu dipicu oleh meningkatnya investasi, serta pertumbuhan ekspor yang terus meningkat.

Jawa Barat kata Kang Emil, berturut-turut menjadi tempat investasi terbaik di Indonesia. Tercatat realisasi investasi dari tahun 2021 senilai Rp 136,13 triliun, dengan menyerap 135.638 tenaga kerja.

Selain itu masih banyak capaian sukses dari Jawa Barat seperti menjadi provinsi pengekspor terbesar, Program Desa Digital, hingga laju pertumbuhan infrastruktur

.  (Red)