DJABARPOS.COM, Bandung – Memasuki kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para pelajar, Dandim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto meluangkan waktunya untuk memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan kepada para pelajar SMK Al Burdah, Kab. Bandung, Selasa (18/07/2023).

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Tujuan dan fungsi dari Bela Negara adalah mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara, menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, menjaga integritas bangsa serta mempertahankan negara dari berbagai ancaman serta menjaga keutuhan bangsa,” ujar Dandim.

Selain itu Dandim menjelaskan bahwa pada masa damai, tugas bela negara bagi para pelajar adalah belajar dengan baik. Seperti yang dilakukan di SMK Al Burdah, selain mendapatkan pembinaan mental dan spiritual, juga menggugah para siswa agar mempunyai semangat cinta tanah air untuk mempersiapkan diri menjadi generasi yang lebih baik.

Negara kita mempunyai Sishankamrata, yaitu sistem pertahanan yang bersifat semesta dengan melibatkan tiga komponen yang terdiri dari pertama adalah Komponen Utama yaitu TNI, orang yang dipersenjatai serta diberi gaji oleh negara untuk menghalau segala ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan.

Selanjutnya kedua adalah Komponen Cadangan, yaitu setiap warga yang disiapkan dan dilatih semi militer untuk membantu komponen utama. Yang ketiga adalah Komponen Pendukung, yang berjuang sesuai dengan profesinya masing masing, seperti siswa bela negaranya adalah belajar dengan baik agar menjadi generasi penerus yang tangguh.

Dandim juga memberikan selingan artikulasi dari nomor Kodim Kab. Bandung kepada para siswa dengan menguraikan 0624 yang artinya Ofensif, Bahagia, Jago dan Aman.

”Kodim 0624/Kab Bandung usianya memasuki tahun ke empat, sebelumnya masih berada dibawah Kodim 0609/Cimahi, apabila adek-adek mau berkunjung untuk mengenal lebih jauh, saya persilahkan,” ucap Dandim. (Dadan)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *