DJABARPOS.COM, Jakarta – Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis memerintahkan kepala kepolisian daerah (kapolda) yang baru dilantik agar mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2020.
Hal itu diungkapkan Idham saat memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Jumat (20/11/2020).
“Agar segera mempersiapkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono di lokasi.
Kemudian, Kapolri juga memberi pesan perihal netralitas anggota selama penyelenggaraan pilkada.
Para kapolda diminta memastikan seluruh personelnya menjaga netralitas selama pilkada.
Terakhir, Awi mengungkapkan, Idham menyinggung soal pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.
“Diharapkan para Kapolda melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan empati kepada masyarakat, yang simpatik,” ujarnya.
“Dengan menggelar operasi, termasuk kegiatan pelayanan Covid-19, kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat, bansos, masker, dan hand sanitizer,” sambung Awi.
Upacara sertijab tersebut dilakukan sesuai mutasi yang tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/3222/XI/KEP./2020 tertanggal 16 November 2020. 
Pertama, Kapolda Bali Irjen Petrus R. Golose yang akan mendapat penugasan di institusi lain. Penggantinya adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Putu Jayan Danu Putra.