DJABARPOS.COM, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno memberikan dukungan semangat untuk para wartawan yang meliput Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

Demikian disampaikan Sandiaga kepada para wartawan di Media Center KTT ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (6/9/2023).

Sandiaga juga sempat berkeliling untuk melihat-lihat suasana di sekitar Media Center.

Menurut Sandiaga, posisi Media Center sangat sentral dan strategis, karena mereka menyiapkan narasi yang ikut menjadi bagian kesuksesan dari penyelenggaraan KTT ASEAN.

“Kehandalan ini (Media Center) betul-betul dibutuhkan, karena beritanya itu menyangkut seluruh prosesi dari KTT ASEAN dan KTT terkait lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong, mengatakan pihaknya telah menyediakan Media Center KTT ke-43 ASEAN 2023 di venue tempat pelaksanaan KTT, yakni Exhibition Hall B JCC Jakarta. Media Center ini memiliki daya tampung hingga 2.500 orang dan beroperasi mulai tanggal 2 sampai 8 September 2023.

Hal tersebut disampaikan Usman melalui keterangan tertulisnya, Senin (28/8/2023).

Kominfo juga menyiapkan jaringan internet Telkom sebanyak 240 komputer LAN workstation dengan dedicated connection 1,5 Gigabyte per second (Gbps). Di samping itu, pihaknya juga menyediakan fasilitas mulai dari dedicated international broadcast center distribution; 10 office media partner booth berukuran 5 x 3 meter; audio video editing booth; one-on-one studio hingga multi-format broadcast conversion.

Ada pula fasilitas media briefing room; press conference room berkapasitas 300 pax+five languages interpreters; 2 stand-up position+webcast/live streaming; media lounge; medical lockers and storage facilities; publication and distribution desk; photocopy and stationery corner; beberapa monitor TV; shuttle bus; dan beberapa lot untuk SNG.

Media Center KTT ASEAN 2023 juga menyediakan snack dan minuman yang berada di sudut-sudut hall.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyampaikan bahwa ada 32 delegasi yang hadir di KTT Ke-43 ASEAN di Balai Sidang Jakarta atau Jakarta Convention Center (JCC) pada 5 – 7 September 2023.

“Seluruhnya akan hadir 32 delegasi tamu yang akan kita sambut nanti,” kata Setya dalam acara Forum Merdeka Barat 9 Road to ASEAN Summit yang dipantau secara virtual di Jakarta, Jumat (25/8/2923).

Ia menyebutkan dari 32 delegasi yang akan hadir, 23 di antaranya merupakan delegasi dari negara-negara sahabat, dan 9 dari organisasi internasional.

Dari ke 23 negara, 12 di antaranya merupakan negara non-ASEAN di antaranya Australia, Bangladesh, Kanada, China, Cook Islands, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat dan Serbia. (Arsy)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *