DJABARPOS.COM, Cianjur – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, Rabu pagi (04/01/2023), melakukan kunjungan kerja ke Cianjur untuk meninjau salah satu daerah terdampak gempa, yaitu Pondok Pesantren Al-Bahjah, Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kebupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tiba sekitar pukul 10.20 WIB, Wapres didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, dan Ketua Yayasan Al-Bahjah Cianjur H. Syahid langsung meninjau sejumlah fasilitas yang terdampak gempa berkekuatan 5,6 SR pada 21 November 2022 silam.

Selanjutnya, didampingi Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Noor Achmad, Wapres menyerahkan Bantuan Rekonstruksi kepada Pondok Pesantren yang terdampak gempa. Diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman, bantuan BAZNAS berupa dana yang diperuntukkan kepada 69 Ponpes di Cianjur. Sebelumnya, BAZNAS juga telah membagikan 5.000 paket Sembako kepada warga terdampak di Kabupaten Cianjur.

Dalam kesempatan tersebut Wapres menanyakan kondisi para santri yang saat ini harus mengungsi di tempat yang lebih aman dan layak.

“Disini santrinya ada berapa? bagaimana keadaanya?” tanya Wapres.

H. Syahid selaku Ketua Yayasan Ponpes menjelaskan bahwa seluruh santri telah dipindahkan ke lokasi lain.

“Total 1000 kita pindah ke beberapa lokasi, ada di Bogor dan Cipanas,” jelas H. Syahid.

Tak hanya itu, Wapres juga memastikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merekontruksi bangunan yang secara struktur telah terkena dampak gempa.

“Bangunan terdampak ini sudah harus dirobohkan ya, untuk dibangun kembali dengan bangunan yang tahan gempa,” tutur Wapres.

Hadir pula dalam peninjauan tersebut, Ketua Ponpes Ustad Muhsin, Pengasuh Ponpes Ustad Muhammad serta para santri dan masyarakat sekitar yang antusias menyambut kehadiran Wapres.

Sementara, Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Iggi Haruman Achsien.

(Arsy)