DJABARPOS.COM, Cianjur – Khawatir dengan terjadinya bencana tanah longsor dikarenakan cuaca saat ini di wilayah kabupaten Cianjur yang sangat rawan terjadi longsor karena banyak sekali perbukitan, oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran tanah yang diakibatkan hujan tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar terjun langsung mengecek kondisi tebing yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur khususnya di Kecamatan Pacet, Senin (9/1/2023)

Ttim patroli SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor , mengunjungi salah satu daerah Desa Gadog Kecamatan Pacet dimana tebing tersebut berada di sisi jalan yang menghubungkan dua Desa, ketika sampai di tempat tim patroli langsung mengecek kondisi tanah dan situasi di tebing tersebut.

Dari hasil pengecekan dan pemantauan yang dilakukan oleh tim patroli SAR untuk tanah pada tebing masih dalam keadaan aman, walaupun dalam keadaan aman tetap jika diguyur hujan terus menerus, sehingga dapat mengakibatkan pergeseran tanah, yang mengakibatkan longsor.

Ditempat terpisah, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono,S.I.K., juga mengemukakan bahwa, “Patroli kawasan bencana menjadi salah satu giat rutin yang dilakukan Tim SAR Batalyon B Pelopor.

“Masyarakat juga tetap kita imbau berhati-hati dengan cuaca yang sudah memasuki musim penghujan sekarang, apalagi geografi di Jawa Barat ini banyak sekali dikelilingi gunung maupun tebing” terangnya.

“Kami sudah siapkan personel dan segala peralatan manakala nantinya dibutuhkan, kami juga sudah melakukan pengecekan semua peralatan yang ada. Hal ini sangat penting kami lakukan, utamanya personel agar sewaktu – waktu terjadi peristiwa unit SAR sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak ” pungkas Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K. (Nino)