DJABARPOS.COM, Sumedang – Sebagai wujud dari Tanggap Darurat Bencana, Tim Relawan gabungan PMI Jawa Barat bahu membahu bersama BPBD Provinsi Jawa Barat dan BASARNAS dalam proses evakuasi korban bencana longsor di Dusun Bojongkondang RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021).

Ketua PMI Provinsi Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Drs. H. Adang Rochjana saat meninjau lokasi mengatakan, bentuk dukungan tersebut sesuai dengan hasil koordinasi bersama antara Pemda Sumedang, BPBD, BASARNAS, dan POLRI.

Data laporan saat ini menyebutkan, sudah ada 17 korban yang berhasil ditemukan dan masih tersisa 21 korban lagi yang diduga tertimbun longsoran.

“Tantangan yang paling mendasar adalah kontur tanah yang sewaktu-waktu bisa kembali longsor dan menimpa tim evakuasi. Kendala lain yang dihadapi adalah material tanah yang bercampur dengan lumpur”, ujar Gelar Alam Putra dari tim evakuasi PMI Kota Bandung.

Seperti diketahui, bencana longsor menerjang kawasan Kecamatan Cimanggung pada Sabtu (9/1/2021), yang mengakibatkan sejumlah orang tertimbun dan rumah warga mengalami rusak berat.(Onin/Agus Ridwan)