DJABARPOS.COM, Jakarta – Sekjen Kemhan RI, Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto bersama delegasi negara ASEAN dan negara mitra meninjau produk unggulan PT Pindad pada mini exhibition ASEAN Defence Senior Official’s Meeting (ADSOM) dan ADSOM-plus yang diselenggarakan pada 1 – 3 Agustus 2023 di Hotel Borobudur, Jakarta. Pada hari ke-2, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima courtesy call delegasi ADSOM & ADSOM-plus di kantor Kemhan RI, Jakarta.

PT Pindad tergabung dalam booth bersama BUMN holding industri pertahanan, DEFEND ID, menampilkan SS2 V5 A1, SS2 V4 A1, SS2 V4 HB, PM3, SS Blackout, AM 1, dan mock up munisi berbagai kaliber.

ADSOM dan ADSOM-plus 2023 merupakan pertemuan rutin tahunan antar pimpinan tinggi Kemhan di kawasan ASEAN, dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ASEAN Defence Minister Meeting (ADMM) yang akan diselenggarakan November 2023. Kegiatan ini diikuti 10 negara ASEAN meliputi Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam serta 8 negara mitra wicara meliputi Amerika Serikat, Australia, Tiongkok, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Rusia.

Partisipasi dari para negara sahabat, menurut Menhan RI, Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam menyukseskan forum dialog puncak para menteri pertahanan negara anggota ASEAN dan negara mitra.

“Kunci dari kemakmuran suatu bangsa adalah kerja sama dan kemampuan dalam memelihara perdamaian. Saya yakin dan optimis, kekuatan ASEAN dapat menciptakan perdamaian,” ujar Prabowo Subianto.

Sekjen Kemhan RI, Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto mengapresiasi partisipasi dari DEFEND ID untuk turut mempromosikan produk pertahanan unggulan dalam negeri.

“Terimakasih sudah berpartisipasi pada mini exhibition ajang ini, kami sengaja menampilkan berbagai produk pertahanan unggulan dalam negeri untuk memperlihatkan bahwa kita mempunyai industri pertahanan dan mempromosikannya kepada delegasi negara ASEAN dan negara mitra lainnya,” ujar Donny Ermawan Taufanto.

Berdasarkan KTT ASEAN di Kamboja pada 13 November 2022 lalu, lndonesia telah menerima mandat untuk menjadi Ketua ASEAN 2023. Melaksanakan tanggung jawab ini, lndonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Sejalan dengan tema tersebut, Indonesia juga menerima Keketuaan ADMM dan ADMM-Plus 2023. Dalam mengemban amanat ini Menhan Prabowo Subianto menetapkan tema ADMM dan ADMM-Plus 2023: Peace, Prosperity and Security. (Arsy)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *