DJABARPOS.COM, Kab. Sumedang – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi bantuan listrik bagi masyarakat melalui Program CSR Jabar Caang Tahun 2022 di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Selasa (10/1/2023).

Wagub Uu Ruzhanul didampingi Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih.

Jumlah rumah yang difasilitasi di Desa Cilembu adalah 30 satuan sambungan (KK) dengan kapsitas 900 VA yang melibatkan sembilan mitra CSR ( Corporate Social Responsibility ).

Wagub Uu Ruzhanul menuturkan, Pemda Provinsi Jabar mempunyai Program CSR Jabar Caang sebagai bantuan non APBD dikhususkan bagi masyarakat yang rumahnya belum teraliri listrik. CSR ini merupakan murni bantuan dari perusahaan-perusahaan yang memiliki keperdulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

“Pemda Provinsi Jawa Barat mempunyai Program Jabar Caang karena Jabar ini belum semua wilayah memenuhi target (elektrifikasi).  Program Jabar Caang ini bukan dari APBD, tapi sumbangan dari para pengusaha berupa CSR,” kata Uu.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang belum teraliri listrik dapat mengajukan permohonan pada kepala desa setempat, kemudian akan diteruskan ke Pemda Provinsi Jabar dalam hal ini Dinas ESDM Jabar.

Pada kesempatan tersebut  Wagub Uu Ruzhanul juga mengucapkan apresiasi kepada pengusaha atau perusahaan yang telah berpartisipasi dalam Program CSR Jabar Caang.

“Saya mengucapkan terima kasih pada pengusaha yang sudah peduli terhadap Jawa Barat, termasuk yang hari ini hadir  PT. PLN dan perusahaan lainnya. Harapan kami perusahaan-perusahaan yang belum memberikan CSR, khususnya dalam Program Jabar Caang diantos pisan karena sangat bermanfaat seperti hari ini,” ungkap Uu Ruzhanul. (Red)