DJABARPOS.COM, Kab. Bandung – Dalam rangka upaya menanamkan pentingnya melestarikan ekosistem dan lingkungan hidup kepada anak-anak sekolah, Dansub 15 Sektor 22 Serma Cece Supriadi beserta anggota sosialisasikan Perpres No. 15 tahun 2008 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum kepada para siswa SMP Negeri 3 Cileunyi bertempat di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat, Jum’at (26/08/2022).

Hal ini dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (27/8/2022).

Lanjutnya mengatakan, dalam sosialisasinya, Dansub Sektor 15 memaparkan terkait Perpres No. 15 tahun 2008 serta program Citarum Harum yang sampai hari ini masih berjalan.

“Momentum seperti ini, digunakan secara maksimal oleh Dansub Sektor 15 serta para anggota, dengan mengimbau seluruh siswa yang hadir untuk saling bersanding bahu memelihara serta melestarikan ekosistem di lingkungan sekitar aliran Sungai Citarum,” ujarnya.

Sebanyak 1100 siswa memadati lapangan SMP Negeri 3 Cileunyi, dengan tertib mengikuti sosialisasi terkait Perpres No. 15 tahun 2018, tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Lebih lanjut Kapendam mengatakan, dalam kesempatan itu Dansub 15 Sektor 22 mengatakan, kelestarian lingkungan perlu dijaga karena merupakan salah satu warisan yang akan diturunkan kepada generasi selanjutnya. Oleh karena itu kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak dari sejak dini. Apapun perilaku menjaga lingkungan dapat berdampak baik terhadap keberlangsungan ekosistem yang ada.

“Perilaku yang paling mudah untuk menjaga lingkungan adalah tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah menjadikan beban pada lingkungan atau alam,” ujar Dansubsektor.

Menurut Dansub Sektor, siswa sekolah menengah sudah wajib mengerti tentang pentingnya menjaga atau melestarikan ekosistem di lingkungan alam sekitar, baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat, terlebih lagi di area aliran sungai Citarum.

Dansub Sektor juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMPN 3 Cileunyi yang sudah memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bisa mengikuti sosialisasi program Citarum Harum. (Dadan)