DJABARPOS.COM, Jakarta – Sebagai upaya melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menetapkan program-program prioritas yang salah satunya adalah pengembangan budidaya laut, pesisir, dan tawar dengan komoditas unggulan berorientasi ekspor, yaitu udang, lobster, kepiting dan rumput laut serta komoditas sesuai kearifan lokal untuk pengentasan kemiskinan.

Untuk mendukung program tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri Panen Udang Vaname di Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK), Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Senin (26/06/2023).

Selain ke Kebumen, Wapres juga diagendakan berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Hajar Aswad di Ngawen, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres dan rombongan bertolak dari Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Bandar Udara Internasional Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB.

Setelah menempuh penerbangan selama 60 menit, Wapres direncanakan tiba di DIY pada pukul 14.00 WIB, dan akan disambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta Ibu Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah beserta pendamping.

Selanjutnya, Wapres melanjutkan perjalanan menuju Kebumen, Jawa Tengah, dengan berkendara mobil selama 60 menit.

Setibanya di Kebumen, Wapres akan disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen beserta Ibu Nawal Arafah Yasin serta Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta Ibu Iin Windarti Arif Sugiyanto, untuk kemudian melakukan Panen Udang Vaname di Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK). Acara Panen udang ini akan dilanjutkan dengan peninjauan proses sortir dan pengangkutan pasca panen oleh Wapres.

Sebagai informasi, program prioritas pengembangan budidaya laut seperti udang, lobster, kepiting, dan rumput laut yang dilaksanakan Kementerian KKP ini, bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan devisa negara, meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), meningkatkan ekspor, menciptakan lapangan pekerjaan dan secara umum meningkatkan kesejahteraan pembudidaya dan masyarakat.

Khusus terkait dengan komoditas udang yang memiliki potensi di pasar global, pada tahun 2022 Kementerian KKP melaksanakan program pembangunan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Tambak BUBK ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Maret 2023 dan beroperasi hingga saat ini.

Pada hari kedua kunjungan kerja, Selasa (27/06/2023), Wapres dijadwalkan berkunjung ke Ponpes Pesantren Hajar Aswad di Ngawen, Gunung Kidul. Adapun agenda kunjungan di pesantren ini adalah melakukan diskusi dengan para pengurus pondok pesantren serta para kiai dan ulama setempat.

Wapres diagendakan kembali ke Jakarta di hari yang sama pada pukul 14.45 WIB.

Hadir mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, M. Imam Azis, Lukmanul Hakim, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Iggi Haruman Achsien. (Arsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *