DJABARPOS.COM, Padang – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menjadi pembicara dalam kuliah umum di Universitas Negeri Padang (UNP), pada Selasa (20/06/2023). Di depan para Mahasiswa, Menteri ATR/Kepala BPN menyampaikan bahwa Indonesia sedang bersiap dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Menteri ATR/Kepala BPN menerangkan, Indonesia akan menghadapi puncak demografi tepat di saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-100. Pada tahun tersebut, para mahasiswa saat ini akan masuk di usia produktif. “Ini bisa jadi peluang atau bencana, tergantung cara kita menghadapi dan mengelolanya. Oleh sebab itu para mahasiswa mahasiswi harus sudah siap di lapangan untuk mengawali Indonesia Emas,” kata Hadi Tjahjanto.

Ia kemudian menyampaikan, di bidang pertanahan, Kementerian ATR/BPN juga terus berupaya menjadikan hal ini sebagai peluang dengan mendaftarkan seluruh bidang tanah yang ada. Hadi Tjahjanto mengatakan, sejauh ini peningkatan pendaftaran tanah di Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah mendorong perekonomian di Indonesia.

“Sejak tahun 2017 adanya PTSL, hingga hari ini telah terjadi Economic Value Added yang angkanya mencapai Rp5.574 Triliun. Angka ini dicapai melalui Hak Tanggungan, ini saja sudah lebih dari dua kali APBN,” tuturnya.

Lebih lanjut Hadi Tjahjanto mengatakan, apabila target mendaftarkan seluruh tanah yang totalnya 126 juta bidang berhasil dilakukan, hal ini tentu juga berbanding lurus dengan peningkatan perekonomian di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN juga membahas terkait upaya pendaftaran tanah ulayat yang identik dengan provinsi Sumatra Barat. “Kalau sudah didaftarkan, sudah disertipikatkan, tidak akan ada lagi mafia tanah, tidak akan ada lagi yang mengutik-utik masalah tanah,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Menteri ATR/Kepala BPN dianugrahi sebagai Anggota Kehormatan Wali Amanat Universitas Negeri Padang. “Jadi UNP karena Majelis Wali Amanat UNP memohon kesediaan Pak
Hadi untuk menjadi anggota kehormatan UNP, dan beliau menyatakan bersedia. Terima kasih Pak Had mudah-mudahan ini iadi amal ibadah buat beliau,” kata Rektor UNP, Ganefri.

Hadir pada kegiatan ini, Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus dan Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah. Turut mendampingi, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Barat, Sri Puspita Dewi beserta jajaran. (Arsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *