DJABARPOS.COM, Bandung – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Mijaya melepas kontingen FLS2N SMA dan SMK Provinsi Jawa Barat untuk berlaga di tingkat nasional.

Total, sebanyak 32 kontingen FLS2N SMA dan SMK akan berjuang membawa nama Jabar di kancah nasional.

Kadisdik pun mengapresiasi pencapaian yang telah diraih oleh seluruh kontingen FLS2N. Ini merupakan momen yang sangat baik dan membanggakan karena akan melepas siswa-siswi Jabar untuk berjuang di tingkat nasional.

“Kita sama-sama doakan supaya Adik-adik diberikan kemudahan, kelancaran, dan menjadi juara di tingkat nasional,” ucap Kadisdik saat apel pagi di lingkungan Disdik Jabar, Kota Bandung, Senin (21/8/2023). 

Kadisdik pun berpesan bahwa hidup ini sebuah proses. Tidak harus selalu lurus dan datar, tetapi bergelombang. “Namun, berdasarkan penelitian, dengan kemiringan tertentu, bola yang diturunkan bergelombang akan lebih cepat sampai,” ungkap Kadisdik menganalogikan.

Artinya, lanjut Kadisdik, sebuah proses hidup itu memang perlu dinamika, tidak selalu harus dalam jalur yang lurus atau datar. “Hari ini, Adik-adik sudah berjuang di kabupaten/kotanya masing-masing dan berhasil mewakili Provinsi Jawa Barat. Itu adalah pencapaian, sebuah prestasi tersendiri,” tuturnya. 

Kadisdik menambahkan, upaya dan niat kebaikan ini jangan berhenti, lanjutkan di tingkat nasional. “Adik-adik harus mempunyai niat yang tinggi untuk menjadi juara, tapi jangan menjadi beban. Juara itu sebuah bonus dari usaha Adik-adik. Yang penting, kalian berupaya semaksimal mungkin, sebisa yang kalian lakukan,” pesannya. 

Ketika menang atau kalah, lanjutnya, itu hal lain. Karena, ketika kalian mewakili Jawa Barat, itu sudah suatu kemenangan tersendiri. Titiknya bukan tentang menang atau tidak di nasional. 

“Hidup kita ini bukan perlombaan sprint, tetapi maraton. Adik-adik harus mengatur napas dengan baik, harus berjuang dan berupaya terus-menerus. Jadi, hari ini lakukan yang terbaik, berjuang untuk Jawa Barat supaya menang. Namun, yang lebih penting, ke depan Adik-adik harus menang dalam kehidupan kalian,” ujar Kadisdik.

Kadisdik pun berpesan kepada bapak dan ibu guru yang mendampingi/menjaga kontingen agar tidak hanya mendampingi dari segi fisik, tetapi juga mentalnya. Sebab, dalam proses tersebut, semangat mereka harus terus stabil. 

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru yang selalu mendampingi siswa- siswi, mudah-mudahan Allah memudahkan anak-anak kita menjadi pemenang di FLS2N tingkat nasional. Tetaplah berusaha, tetaplah berjuang!” serunya.

Selain melepas kontingen FLS2N SMA dan SMK Jabar ke tingkat nasional, apel pagi ini diisi pembagian hadiah lomba 17 Agustus kepada seluruh pemenang di lingkungan Disdik Jabar. (Nino/Ade Suhendi)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *