DJABARPOS.COM, Cimahi – Beragam kemudahan nampaknya akan didapatkan warga Kota Cimahi seiring tengah dibangunnya Mal Pelayanan Publik (MPP). Pembangunan MPP yang berlokasi di Jalan Aruman, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara itu menjadi komitmen Pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi dalam menciptakan pelayanan yang cepat, terpadu dan terintegrasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyanan menerangkan, dipusatkannya seluruh kegiatan pelayanan di MPP Kota Cimahi dapat mengintegrasikan data antarinstansi. Sehingga pelayanan publik dapat dilakukan secara publiksional, efektif, efisien dan akuntabel.

“Mal Pelayanan Publik dibangun mulai dari nol sampai dengan 100 persen adalah pengadaan baru, sehingga mudah sekali dicek dan hasilnya pun memuaskan. Sehingga pelayanan dapat fokus dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ngatiyana, di Gedung MPP Kota Cimahi, Rabu (15/6).

Ngatiyana memastikan, tujuan utama pembangunan MPP adalah untuk membahagiakan masyarakat, khususnya memberikan kemudahan mendapatkan layanan publik dalam pengurusan dokumen administrasi yang dibutuhkan seperti perizinan, kependudukan, dan perpajakan.

Di samping itu, penyelenggaraan MPP memiliki nilai strategis dalam upaya meningkatkan kemudahan bagi para pelaku usaha khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), ehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota.

“Masyarakat Kota Cimahi perlu mengenal keberadaan dan fungsi MPP termasuk semua layanan dan prosedur yang akan disediakan nantinya, sehingga diharapkan penyelenggaraan MPP menjadi bagian dari ikon Kota Cimahi dalam pelayanan publik serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui penerapan good governance,” ujar Ngatiyana.

Secara fisik, pembangunan Gedung MPP Kota Cimahi dan penataan interior lantai 1 dan 2 telah rampung. Saat ini, proses pengerjaan masih dilakukan untuk optimalisasi jaringan internet serta penataan interior lantai 3 dan 4, yang diharapkan segera selesai sehingga dapat beroperasi pada Desember 2022.

Gedung MPP Kota Cimahi yang terdiri dari 4 lantai dan 1 basement tersebut dibangun di atas lahan seluas 8.786 m2 dengan luas bangunan 8.934 m2. Nantinya, lantai 1 dan 2 akan digunakan untuk ruang pelayanan terpadu berbagai instansi.

Adapun lantai 3 diperuntukkan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), serta lantai 4 akan digunakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan aula.

Terdapat 77 jenis layanan berasal dari 23 instansi yang akan bergabung, di antaranya Kepolisian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN, PDAM, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea Cukai dan lainnya. 

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Mal Pelayanan Publik, kegiatan pelayanan di MPP Kota Cimahi meliputi penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa serta pelayanan administratif pemerintah daerah dan pemerintah pusat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), juga swasta.(Nino/Agus Ridwan)