DJABARPOS.COM, Bogor – Baru-baru ini, masyarakat internasional dikejutkan dengan kabar Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir yang melakukan kunjungan ke kompleks Masjid Al-Aqsa pada Selasa (03/01/2023).

Dalam hal ini, Indonesia selalu konsisten menjalankan politik luar negeri yang memberikan dukungan penuh terhadap perjuangan Palestina. Oleh karena itu, satu hari setelah kejadian, Pemerintah Indonesia memberikan pernyataan yang mengutuk kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel ke komplek Masjid Al-Aqsa.

“Kalau ini melanggar kesepakatan internasional, harus diperingatkan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan pers usai menghadiri peringatan Haul ke-51 K.H. Tb. Muhammad Falak Abbas, di Pondok Pesantren Al Falak, Jalan Pagentongan No. 14, Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam (07/01/2023).

Lebih jauh, Indonesia juga menyerukan masyarakat internasional khususnya PBB untuk terus mendesak Israel guna menghentikan segala tindakan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di Kawasan.

Wapres pun berharap, situasi antara Palestina dan Israel tidak semakin diperkeruh, mengingat dunia internasional masih terdampak dari peperangan Rusia dan Ukraina.

“Kita sudah dalam keadaan tidak baik-baik saja. Sudah ada perang Rusia-Ukraina, jangan ditambahkan lagi nanti dunia ini akan dihebohkan hal-hal yang baru mengganggu ketenangan,” pungkasnya.

Turut mendampingi Wapres dalam keterangan pers tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi, Masduki Baidlowi.