DJABARPOS.COM, Kota Tasikmalaya – Polres Tasikmalaya kota menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat dalam kegiatan bhakti sosial di Polres Tasikmalaya kota yang dihadiri Plt. Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf, Komandan Kodim 0612, Unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, para Lurah, serta tamu undangan,  Jum’at (23/7/2021).

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, pihaknya melaksanakan tiga rangkaian kegiatan secara paralel, yaitu kegiatan Penyaluran Bantuan Sosial kepada masyarakat, Launching Gerai Vaksinasi Keliling, dan pelaksanaan Swab Antigen di Pasar Cikurubuk.

Baca Juga : Bantuan bagi Warga Jabar Terdampak PPKM Mulai Disalurkan

Kegiatan ini sudah dilaksanakan dari beberapa waktu yang lalu dari mulai PPKM Darurat dan hari ini diperkuat dengan kegiatan Bantuan Sosial yang kita laksanakan.

“Hari ini kami mendistribusikan sebanyak 1300 sembako untuk masyarakat dan ini terus berlanjut, karena secara bertahap akan ada bantuan dari pusat maupun dari TNI/Polri pada masyarakat yang terdampak,” katanya.

Setelah lebih 20 hari pelaksanaan PPKM Darurat dan sekarang berlanjut dengan PPKM Level, masyarakat secara ekonomi juga terdampak. Jadi disatu sisi kita melaksanakan penegakkan aturan PPKM. Disisi lain kita juga melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak, tambahnya.

Baca Juga : Pemprov Jabar Mulai Distribusikan Bansos PPKM Darurat, Penerima dapat Beras dan Uang Rp 600.000

Kesempatan yang sama,  Plt. Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk membantu pemerintah daerah dengan melibatkan TNI dan Polri untuk turun berbakti pada masyarakat.

Dikarenakan pemerintah daerah terkendala keterbatasan dalam menyalurkan bantuan sosial dan vaksin, kita membutuhkan sinergitas dan harmonisasi antara pemerintah daerah dan unsur Forkopimda, ujarnya.

Menurutnya, dengan terlibatnya TNI dan Polri kita bisa membagi tugas dengan baik dan merata, dalam membantu masyarakat secara langsung berupa bantuan sosial maupun vaksin.

Pemerintah daerah juga sedang fokus untuk memberikan bantuan sembako kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Kami turun langsung kepada masyarakat untuk memberikan bantuan obat-obatan.

Lihat Juga : Ridwan Kamil Rayakan Iduladha dengan Bagikan Bantuan kepada Masyarakat

“Saya menghimbau untuk terus sosialisasi bahwa kita sedang berada di level 4 dan ini merupakan level yang kurang baik. Saya titip kepada masyarakat untuk terus disiplin dalamn protokol kesehatan, agar Kota Tasikmalaya bisa turun ke level 2,” harapnya.

Sementara, Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ari Sutrisno menyebutkan,  pemerintah sudah berupaya memberikan bantuan lewat semua jalur, baik BLT, BPT yang melalui pemerintah daerah, bantuan beras dari Polres, dan kami TNI juga melaksanakan distribusi bantuan berupa obat-obatan untuk pasien yang sedang isolasi mandiri.

Untuk bantuan obat-obatan, lanjut Ari, sesuai dengan yang kami ajukan untuk di Kota Tasikmalaya dengan kebutuhan 1400 paket, hari ini kami sudah terima bantuan obat gelombang pertama sebanyak 635 paket.

Lihat Juga : Stimulus Listrik Diperpanjang Hingga Desember

Pihaknya sudah koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan, untuk gelombang pertama kami akan distribusikan kepada pasien prioritas dengan usia 40 tahun keatas terlebih dahulu dan ini juga untuk warga yang kurang mampu, terangnya.

Kami akan sosialisasiskan dan distribusikan ke koramil. Selanjutnya koramil akan mendistribusikan ke puskesmas-puskesmas. Kami pihak TNI tidak memiliki kemampuan untuk assessment kesehatan dan tidak bertanggung jawab terhadap kesehatan atau perawatan pasien isoman, sehingga untuk obat-obatan ini kami hanya membantu menyalurkan. Namun, saat penyerahan pada pasien tentunya atas penilaian dokter dan ini yang kita tekankan kepada masyarakat, pungkasnya. (Nino/Yoris)