DJABARPOS.COM, Kab Indramayu – Ada beragam cara untuk melestarikan budaya. Seperti yang dilakukan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Indramayu melalui karya animasi berjudul “Cucu Juju, Memori Topeng Kenangan”. ¬†Animasi berdurasi 10 menit tersebut merangkum budaya daerah Indramayu untuk dikenalkan kepada khalayak.

Melalui kisah persahabatan Juju, Kiki, Kino, dan Ina yang dikemas penuh jenaka, penonton akan disuguhi keragaman budaya Kota Mangga tersebut. Mulai dari kesenian Berokan, tradisi Ngarot, upacara Nadran hingga mengenalkan batik Iwan Etong, batik khas Indramayu.

Ketua Kompetensi Keahlian Animasi SMKN 1 Indramayu, Ahmad Hafidz mengatakan, ini menjadi karya pertama yang mengangkat budaya Indramayu dalam bentuk animasi.

Baca Juga : SMKN 1 Indramayu Fokus Kembangkan Kompetensi Keahlian Animasi

Adapun dipilihnya tema budaya sebab masih belum ada animasi yang secara khusus mengangkat budaya daerah Indramayu.

“Dari situ kita punya ide gimana caranya budaya Indramayu kita angkat ke dalam film animasi. Tujuannya mengingatkan kembali bahwa kita punya budaya yang perlu dilestarikan,” ujar Hafidz saat dihubungi, Jumat (30/7/2021).

Ia menjelaskan, karya tersebut merupakan proyek khusus yang digagas oleh kompetensi keahlian animasi dengan tim yang berjumlah 15 orang, berisi guru dan siswa terpilih. “Keterlibatan siswa pun kita seleksi. Kita lihat kemampuan dan sikapnya,” ungkapnya.

Lihat Juga : Berbekal Rasa Peduli, Alumni SMKN 1 Cimahi Ciptakan Alat Penghasil Oksigen

Hafidz menuturkan, dengan berbagai proses dan revisi, karya animasi ini memakan waktu pembuatan kurang dari 3 bulan. Meski dalam suasana pandemi, namun proses produksi tidak mengalami masalah. Sebab, pengerjaan bisa dilakukan dari rumah selama ada alat dan koneksi internet.

Menurutnya, lahirnya karya tersebut tak lepas dari dukungan pihak sekolah. “Pimpinan sangat setuju dan mendukung dengan memberikan fasilitas dan keleluasaan untuk berkreativitas. Kepala sekolah pun selalu memantau, jadi tahu dinamika pengerjaannya seperti apa,” tutupnya. (Dadan/Hms)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *