DJABARPOS.COM, Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Emil, menyatakan perayaan Natal 2022 berjalan 100 persen aman dan kondusif. Antusias masyarakat yang mengunjungi gereja untuk beribadah menjadi salah satu tolak ukur Natal berjalan dengan baik.

Polresabes Bandung Hal itu dikatakan Emil usai mengunjungi langsung sejumlah gereja di wilayah Kota Bandung pada ibadah misa Natal bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat.

Pantauan di seluruh Jabar 27 kab kota dari laporan kapolda dan Pangdam monitor dari siang sampai malam ini situasi 100 persen kondusif,” kata Ridwan Kamil di Gereja Katedral Santo Petrus, Kota Bandung, Sabtu 24 Desember 2022.

Gubernur mengatakan, antusias warga kristiani sangat tinggi pada Natal tahun ini. Hal itu ditandai dengan ramainya kunjungan jemaat ke gereja-gereja untuk melakukan ibadah Natal.

“Kami sangat bahagia warg Kristiani berduyun-duyun ke gereja dengan rangakaian beberapa sesi menunjukkan situasi beribadah sudah sangat baik di tengah Pandemi sudah surut,” ucap Gubernur.

Menurutnya, tingginya antusias ibadah Natal seiring dengan menurunnya kasus Covid-19. Bahkan, Emil mengklaim situasi dan kondisi saat ini tidak berbeda dengan kondisi normal.

“Semua wilayah sudah level 1 menandakan kita sudah normal lagi,” kata dia.

Dia menambahkan, rangkaian Natal akan berlanjut dengan momen tahun baru 2023. Menurutnya, penjagaan dan pengamanan terus disiagakan hingga momen tahun baru 2023 usai.

“Setelah ini kita fokus penjagaan di tahun baru karena itu satu rangkaian, mudah-mudahan jabar aman nyaman terkendali ekonomi berlangsung ibadah lancar berkat kerja semua,” ucapnya.

Tujuan kegiatan pengecekan gereja tersebut guna memastikan situasi malam perayaan Natal di wilayah Jawa Barat berjalan aman dan kondusif,hikmat sehingga masyarakat mendapatkan kepastian rasa aman dan selama melaksanakan perayaan malam Natal.

Selain itu juga, Kapolda Jabar dan Forkompimda terjun langsung ke lapangan agar bisa memastikan bahwa personel yang melaksanakan tugas di lapangan dapat memberikan rasa aman terhadap masyarkat.

Kepolisian Daerah Jawa Barat bersama Forkompimda telah berhasil mengamankan 432 tempat ibadah malam ini, sehingga Kepolisian memastikan kegiatan perayaan malam Natal dapat berjalan secara aman dan kondusif.

(Nino)