DJABARPOS.COM, Bandung – Turnamen sepak bola usia dini DCT KBPP Polri Cup 2022 di Bandung, Jawa Barat, resmi ditutup, Sabtu (13/8/2022).

Tim-tim pemenang DCT KBPP Polri Cup 2022 akan mewakili Indonesia ke Seri Internasional yaitu Dreams Come True (DCT) KBPP Polri International Cup yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 1 – 5 Desember 2022.

Penutupan berlangsung di Stadion Arcamanik dihadiri Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, SIK, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Suntana, MSi, Walikota Bandung H Yana Mulyana, SE dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol H Aswin Sipayung, SIK, MH.

Dalam acara penutupan turnamen sepakbola DCT KBPP Polri Cup 2022, dimeriahkan oleh tarian kolosal yang dibawakan oleh para murid SMPN 31 Kota Bandung dengan HK Entertainment. Tarian “Gurilap Arunika” sebagai simbol semangat anak muda untuk terus menjaga budaya dan olahraga seperti terbitnya matahari di pagi hari yang menerangi bumi.

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 berlangsung di Stadion Lodaya dan Stadion Arcamanik selama 4 hari mulai tanggal 10 Agustus 2022. Yang diikuti pemenang Seri Regional dari berbagai provinsi di Indonesia kategori usia 10 sampai dengan 13 tahun. Tendangan kick off saat itu dilakukan oleh Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi, SIK dan Ketua Umum Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP Polri) Dr Evita Nursanty, MSc pada Rabu (10/8/2022).

Kapolda Jabat Irjen Pol. Drs. Suntana M.Si mengatakan Guna memajukan dan mengembangkan prestasi atlet olah raga sepakbola di tanah air. Saya sangat menyambut baik telah dilaksanakannya turnamen nasional DCT KBPP Polri Cup kelompok umur.10,11,12 dan 13 tahun 2022.

“Dalam bidang olah raga begitu banyak potensi terpendam dan untuk menggali potensi tersebut maka turnamen ini terselenggara dengan peserta pada kelompok umur 10 sampai dengan 13 tahun.” ujar Irjen Suntana.

Kapolda Jabar berharap melalui penyelenggaraan turnamen sepakbola ini dapat mempunyai dampak positif terhadap pembinaan organisasi sepakbola di Indonesia, sehingga dapat menjadi batometer perkembangan olah raga sepakbola nasional serta dijadikan ajang seleksi atlet guna meningkatkan kualitas atlet sepakbola yang handal.

Ketua Umum KBPP Polri Dr Evita Nursanty, M. Sc mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih para pemenang DCT KBPP Polri Cup 2022, dan diharapkan mereka dapat memacu prestasi yang lebih tinggi lagi, yang saatnya nanti menjadi pemain-pemain hebat yang membanggakan bangsa dan negara.

Namun begitu, bagi tim yang belum berhasil diharapkan jangan berkecil hati apalagi putus asa, sebaliknya lebih giat lagi untuk berlatih, karena masa depan yang baik tersedia bagi semua orang yang giat berlatih, bekerja keras, disiplin, dengan didukung pola hidup sehat.

KBPP Polri sendiri, menurut Evita, akan terus melakukan pembinaan sepak bola sejak dini, mendukung Instruksi Presiden RI Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Pesepakbolaan Nasional demi peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional. Apalagi setelah turnamen ini, KBPP Polri akan bersiap menyelenggarakan turnamen KBPP Polri International Cup yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 1 – 5 Desember 2022 menyusul terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah DCT Cup Soccer League Worldwide.

Evita bersyukur turnamen ini selain menghasilkan para juara juga memberikan dampak yang baik bagi UMKM daerah, bangkitnya kembali sport tourism, dan mempromosikan kearifan lokal, dengan berbagai kampanye positif seperti semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air, hingga kampanye Gerakan “Olahraga Yes, Narkoba No!”.

Adapun perebut piala KBPP Polri U-10 dimenangkan oleh PRP Tawangmangu dari Jateng.
Katagori U-11 dimenangkan oleh Baturetno dari Yogyakarya.

Sedangkan Juara kategori U – 12 dimenangkan oleh BSA dari Jawa Barat dan pemenang kategori U – 13 adalah WBFC dari Jawa Barat.

Para pemenang tersebut akan mewakili Indonesia dalam turnamen Internasional Dreams Ckme True 2022 di Bali pada Desember 2022 mendatang. (Nino)