DJABARPOS.COM, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah kapolda dan merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dalam rangka penyegaran organisasi, di antaranya Kapolda Papua Barat, Kapolda Lampung, dan Kapolda Gorontalo.

“Hari ini Pak Kapolri mengeluarkan surat telegram untuk jabatan kapolda, pati, pejabat utama di tingkat polda, kapolres, dan jabatan-jabatan penguatan lainnya,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Dedi menyebutkan nama-nama kapolda yang dimutasi yakni Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing dimutasi menjadi Wairwasum Polri, jabatan tersebut ditempati oleh Irjen Pol Daniel Tahi Silitonga.

Selanjutnya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wijagus dimutasi menjadi Kapolda Lampung. Sedangkan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bakal ditempatkan keluar struktur di Kementerian Perhubungan.

Mutasi berikutnya Korsahli Kapolri Irjen Pol Helmy Santika bakal menempati posisi baru sebagai Kapolda Gorontalo.

“Ada tujuh surat telegram mutasi, cukup banyak termasuk telegram dalam rangka pensiun pati bintang dua, pati bintang satu, dan para perwira menengah yang pensiun, kombes-kombes pun dimasukkan dalam telegram mutasi pada hari ini,” kata Dedi.

Selain itu, dalam surat telegram mutasi kali ini, Polri juga menempatkan perwira menengah (pamen) dari kalangan polwan untuk menempati jabatan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri.

Posisi Kabagpenum saat ini Kombes Pol Gatot Repli Handoko mendapat promosi menjadi perwira tinggi jenderal bintang satu (brigjen pol), menjabat sebagai Kepala Biro Multimedia (Mulmet) Divisi Humas Polri. Posisi Gatot digantikan oleh Kombes Pol Nurul Azizah yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Prodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

“Untuk jabatan Kabag Penum adalah Pak Kapolri mempercayakan seorang polwan, jadi polwan berpromosi menjadi Kabag Penum,” kata Dedi.
Sebelumnya 

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memutasi dan merotasi 215 perwira polisi dalam rangka naik jabatan dan pensiun, salah satunya Karumkit RS Kramatjati Polri Brigjen Pol. Asep Hendradiana yang naik pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Kapusdokes Polri.

Mutasi dan rotasi 215 perwira polisi tersebut tertuang dalam tiga Surat Telegram Kapolri yang ditandatangani tanggal 13 April 2022, yakni TR Nomor : ST/747/IV/KEP/2022 ada 177 perwira, TR Nomor: ST/746/IV/KEP/2022 ada 14 orang perwira dan TR Nomor: ST/748/IV/KEP/2022 ada 24 orang perwira.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis malam, membenarkan adanya mutasi ratusan perwira, baik perwira tinggi (pati) maupun perwira menengah (pamen), dalam rangka penyegaran organisasi sekaligus promosi dan penugasan di luar struktur.

“Iya, betul telegram mutasi dan penggantian yang sudah purna, penugasan di luar struktur dan promosi serta penyegaran bagi personel Polri dalam pembinaan karier,” kata Dedi.

Selain Karumkit RS Bhayangkari, pati yang terkena mutasi Wakalemdiklat Polri Komjen Pol. Luki Hermawan hingga Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) Irjen Pol. Eko Budi Sampurno.

Wakalemdiklat Komjen Luki Hermawan dimutasi dari jabatannya menjadi pati Baintelkam Polri (penugasan pada BSSN).

Sementara itu, jabatan Wakalemdiklat Polri diisi oleh Irjen Pol. Eko Budi Sampurno yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulbar. Jabatan Kapolda Sulbar diisi oleh Irjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca yang sebelumnya menjabat Kakorpolairud Baharkam Polri.

Pati lainnya yang dimutasi, yakni Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri Irjen Pol. Indra Miza dimutasi menjadi Kakorpolairud Baharkam yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol. Verdianto.

Berikutnya, jabatan Karumkit Bhayangkara TK I Pusdokkes Polri yang ditinggalkan Brigjen Pol. Asep Hendradiana bakal diisi oleh Brigjen Pol. Hariyanto.(Nino)