DJABARPOS.COM, Pekanbaru – Pemerintah kini terus berlomba untuk menyajikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat. Salah satunya adalah Provinsi Riau, yang menghadirkan Pusat Pelayanan Publik Provinsi (P4) sebagai tempat terintegrasi berbagai pelayanan provinsi dan instansi vertikal lainnya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengatakan kehadiran P4 di Riau merupakan inovasi yang merespons kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik aman, nyaman, modern, dan ramah. Kehadiran P4 yang dekat dengan masyarakat dapat menjadi pusat pengembangan berbagai inovasi pelayanan publik yang dinamis.

“Kehadiran P4 di Provinsi Riau dapat menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan dunia, menjadi wadah edukasi dan pembelajaran akan pelayanan prima bagi masyarakat, serta dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya,” ungkap Deputi Diah dalam acara Peresmian P4 di Pekanbaru, Riau, Kamis (22/06).

Wajah pelayanan publik, lanjut Diah, menunjukkan wajah dari masyarakat dan pemerintahnya. Untuk itu, pemerintah senantiasa menghadirkan wajah pelayanan publik yang ramah, profesional, dan modern. Kehadiran P4 yang dilakukan oleh Pemprov Riau ini menunjukkan upaya untuk terus memperbaiki pelayanan publik dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Diah juga menyampaikan bahwa pelayanan publik penting untuk menerapkan penyelenggaraan yang ramah dan inklusif. Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat, terutama kelompok rentan, dapat dengan mudah mengakses pelayanan.

Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik merupakan hal yang sangat penting. Berbagai masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh partisipasi masyarakat menjadi sumber informasi yang sangat berharga untuk menentukan arah perbaikan pelayanan publik secara berkesinambungan.

“Pelayanan publik memainkan peranan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, karena pelayanan publik yang baik akan memungkinkan masyarakat melakukan aktivitas ekonomi, sehingga mampu meningkatkan kreativitas ekonomi dan kemandirian keuangan bagi masyarakat,” lanjut Guru Besar Universitas Sriwijaya ini.

Peresmian P4 dilakukan oleh Deputi Diah bersama dengan Gubernur Riau Syamsuar serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau Helmi D. P4 berlokasi di Gedung Menara Lancang Kuning Lantai Dasar, Komplek Kantor Gubernur Riau.

Beberapa instansi vertikal telah bergabung di P4. Pelayanan tergabung dalam P4 antara lain adalah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Badan Standarisasi Nasional Provinsi Riau, dan Balai Besar POM Provinsi Riau.

Diah pun menyampaikan apresiasi Kementerian PANRB atas kehadiran P4 di Provinsi Riau, terutama sebagai pertama yang hadir di Indonesia. “Selamat kepada jajaran Pemprov Riau atas terbentuknya P4 yang diharapkan dapat membawa nuansa baru dari penyelenggaraan pelayanan yang modern dan ramah serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh warga Riau,” tutur Diah.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa P4 diciptakan untuk memberikan kemudahan berusaha di Riau sebagai upaya memperbaiki regulasi pelayanan dalam mempercepat dan mempermudah proses dan mekanisme pelayanan serta peningkatan kapasitas SDM aparatur pelayanan.

Dengan adanya P4, diharapkan dapat mendesak percepatan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) di kabupaten dan kota di Riau, yang saat ini baru hadir di Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Dikatakan, kehadiran MPP juga akan menyusul di Kab. Indragiri Hilir, Kab. Siak, Kab. Bengkalis, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Rohil, dan Kab. Kampar.

“Kehadiran P4 ditujukan berdampak positif pada pertumbuhan perekonomian masyarakat, dan dapat memperkuat daya saing global, serta meningkatkan minat para investor untuk berinvestasi, sehingga perekonomian serta kesejahteraan masyarakat di wilayah Provinsi Riau menjadi semakin baik,” tutup Syamsuar. (Arsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *