DJABARPOS.COM, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, menggelar festival program Buruan SAE (sehat, alami, ekonomis) yang memamerkan berbagai produk pangan hasil swadaya masyarakat dalam menerapkan urban farming yang berlangsung di Sekemala Integrated Farming (Sein Farm) Ujungberung, Kota Bandung selama 17-19 Juni 2022.

“Bagaimana pelaku usaha pangan dan Buruan SAE yang sudah sukses kami tampilkan di situ,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung  Gin Gin Ginanjar di Bandung, Jumat (17/6).

Ia mengatakan festival itu digelar untuk mengapresiasi dan memberi promosi kepada kelompok-kelompok yang menjalankan program Buruan SAE.

Pada festival tersebut, kata dia, ada puluhan produk hasil dari para kelompok Buruan SAE di Kota Bandung yang ditampilkan.

“Bukan hanya produk pertanian tapi juga mengolaborasikan dengan budaya dan seni yang akan mengedukasi banyak pihak,” katanya.

Menurutnya program Buruan SAE itu juga telah membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Saat telah ada 320 kelompok Buruan SAE yang tersebar di 151 kelurahan di Kota Bandung.

Saat ini, menurutnya sebanyak 97 persen pemenuhan pangan Kota Bandung berasal dari pasokan daerah lain.

Dengan adanya festival itu, ia berharap masyarakat bisa semakin sadar dan menerapkan konsep Buruan SAE di lingkungannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

“Agar Kota Bandung berdaya dengan memanfaatkan pekarangan lingkungan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman,” katanya.(Ade Suhendi/Dadan)